Kompatibilas Software Lama di Windows 7

Kompatibilas Software Lama di Windows 7

Kompatibilas Software Lama di Windows 7 ImageKita semua tahu, hampir semua program yang dapat dijalankan pada Windows XP maupun Vista tidak akan kesulitan jika dijalankan pada Windows 7. Hal ini dikarenakan Windows 7 memang didesign oleh Microsoft sedemikian rupa agar pengguna Windows tidak perlu repot-repot lagi mencari versi terbaru dari software yang lama.
Meskipun begitu, ada beberapa software yang berjalan normal pada winows XP tetapi tidak berjalan dengan baik ketika di-install pada windows 7.
Jika mengalami hal tersebut, mungkin perlu mengunjungi website Windows 7 Compatibility Center untuk mencari referensi lebih lanjut tentang kompatibilitas software yang anda pakai. Alternatif yang lain, kunjungi official website dari software yang anda pakai tentang ketersediaan dan kompatibilas software lama di Windows 7.
Jika tidak menemukan masalah baik dari Windows Compatibility Center atau official website software, tetapi software tersebut masih mengalami error saat dijalankan, mungkin penjelasan singkat di bawah ini dapat membantu anda memecahkannya.
1) Gunakan Compatibility Mode.
Pilihan pertama, gunakan Windows XP Compatibility Mode. Caranya, klik kanan pada Short Cut software tersebut, kemudian klik Properties. Lanjutkan dengan klik tab Compatibility. Pada bagian Run this Program Compatibility mode for, beri “cawang” pada bagian tersebut dan  pilih Windows XP (Service Pack yang anda pakai). Lihat pada Properties My Computer untuk mengetahui berapa service pack yang dipakai. Terakhir, klik tombol OK atau Apply.
Kompatibilas Software Lama di Windows 7 Image
2) Jika menggunakan Windows 7 Business atau Ultimate, gunakan Windows Virtual PC.
Coba download Windows Virtual PC dan Windows XP Mode dan kemudian install di notebook atau Desktop PC yang menggunakan Windows 7. Dengan begitu, sebuah windows XP dapat dijalankan diatas Windows 7, dan tentunya semua program Windows XP dapat dijalankan tanpa mengalami masalah.
Kompatibilas Software Lama di Windows 7 Image
Fungsi lain dari Virtual PC, jika anda punya program berbasis 16 bit yang karena fungsi dan manfaatnya tidak bisa tergantikan oleh aplikasi yang lain, Virtual PC ini dapat menggunakan program lama pada komputer baru.
3) Gunakan Dual Boot Windows.
Dual boot juga bisa menjadi pilihan jika ingin kompatibilitas software terjaga dengan baik. Anda tetap bisa menggunakan Windows 7 dan sekali waktu beralih ke Windows XP jika software yang digunakan tidak kompatibel dan mengalami error.
Kompatibilas Software Lama di Windows 7 Image
Pilihan ini sangat cocok buat yang suka bereksperimen dengan Windows dan menambah pengetahuan dan pengalaman anda dengan kedua operating system.
4) Mengganti Software lama dengan Software baru yang berbeda tetapi mempunyai fungsi yang sama.
Kedengarannya mungkin tidak begitu bagus, karena anda harus membiasakan terlebih dahulu dengan program baru yang akan diinstall. Tetapi jika ini menyangkut dengan kebutuhan dan aktifitas sehari-hari, pilihan ini masih cukup baik diakukan.
Kompatibilas Software Lama di Windows 7 Image
Ini juga menjadi alternatif, jika tidak mempunyai banyak “isi kantong” untuk membeli versi baru dari software yang akan digunakan dan ingin menggantinya dengan software yagn lebih murah. Sebagai contoh, anda ingin menganti Microsoft Office versi lama dengan versi baru tetapi tidak punya cukup uang untuk membeli lisensiya. Alternatifnya, anda bisa menggunakan software semacam “Open Office” yang bisa didapatkan dengan gratis. Hanya perlu biaya koneksi internet untuk download aplikasinya ke komputer.

sumber:http://blog.fastncheap.com/kompatibilas-software-lama-di-windows-7/#more-3380